Cara Meningkatkan Kualitas Blog

Untuk membantu meningkatkan kualitas blog tahun ini, ada beberapa hal yang ingin saya bagikan. Selamat membaca tulisan terbaru saya tentang cara meningkatkan kualitas blog. Ini tulisan yang saya sadur dari beberapa sumber dan juga dari pengalaman pribadi.

1. Kuasai Guest Posting

Guest posting artinya kita menjadi tamu di blog orang lain. Bagaimana caranya? Kita menulis artikel untuk blog mereka.

Mulai tahun 2013, Guest Posting mulai dikenal. Dan aktifitas memang betul-betul dapat menarik pengunjung baru ke blog kita.

Kunci menulis guest post adalah tulisan kita sebisa mungkin harus bermanfaat bagi orang lain. Gunakan juga bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Buat para pembaca tertarik untuk terus membaca hingga akhir artikel. Pada intinya kita harus menjadi seorang penulis yang betul-betul paham tentang materi yang kita buat.

Di akhir artikel kita dapat memuat informasi tentang diri kita dan meninggalkan tautan secukupnya.

Sebagai contoh, karena saya tinggal lama di Mesir dan Sudan, saya sering menulis guest post tentang Mesir dan Sudan di blog orang lain. Karena saya mengalami sendiri proses kehidupan dan keseharian selama di 2 negara ini, maka saya menguasai materi yang saya buat.

Ditambah lagi, sebelum membuat artikel saya juga riset lagi. Riset dan pengalaman menjadi kunci agar artikel yang kita buat semakin kuat.

Saya juga membagikan proses keseharian saya selama tinggal di Mesir dan Sudan di Facebook dan Instagram. Jadi ketika mereka membaca tulisan saya di blog orang lain, lalu mengunjungi akun Facebook dan Instagram saya, mereka semakin yakin tentang isi artikel yang saya buat. Setelah mengunjungi FB dan IG, pada akhirnya mereka akan mengeklik tautan blog saya dan berkunjung ke blog saya untuk membaca pengalaman-pengalaman saya selama tinggal di Mesir dan Sudan.

Jangan lupa untuk selalu memasang caption, tautan di setiap sosial media yang kita punya. Sebanyak mungkin kita membagikan tentang informasi yang kita punya. 

Guest Posting juga bermanfaat untuk para blogger yang baru memulai debutnya. Semakin banyak blog yang kita isi dengan artikel kita, secara tidak langsung juga kita punya banyak backlink gratis dan organik yang mengarah ke blog kita.

2. Kombinasikan 1 niche dengan topik lain

Untuk menambah pembaca setia, kita bisa menambah topik lain ke blog kita. 

Sebagai contoh redhatblog.com adalah blog tentang traveling dan pertanian. Apakah ada kaitan antara traveling dan pertanian? 

Tentu saja ada.

Keluarga saya mengelola kebun pertanian di Purwokerto, Jawa Tengah. Kebun kami memproduksi Jeruk siam dan pepaya california. Kami juga aktif di laman WWOOF Indonesia. Setiap ada bule dari negara lain hendak traveling ke Indonesia khususnya ke DIY dan Jawa Tengah, biasanya ada dari mereka yang ingin Live In di tempat kami. Nah maka dari itu, para bule tersebut selain traveling juga sekalian praktek pertanian di kebun kami.

Setelah selesai melakukan WWOOF di tempat kami, saya minta mereka untuk share cerita tentang pengalaman mereka selama di kebun kami. Nah, lagi-lagi nambah deh tautan yang mengarah ke blog kita. Dapat lagi deh backlink gratis. Apalagi kalau bule yang mampir tersebut adalah orang yang berpengaruh, maka kesempatan untuk menarik pengunjung berkualitas jadi semakin besar.

Selain traveling dan farming, saya juga mengelola beberapa niche lain seperti Tips Blogging dan Tips Macbook. Dua niche ini masih saya kait-kaitkan dengan niche Traveling dan Farming. 

Untuk teman-teman, saya bisa berikan contoh perpaduan niche blog yang cocok untuk dikombinasikan.

a. Copy writing tips + vampire diaries (drama)

b. Blog monetization + work balance

c. Social media marketing + Sim City

d. Digital marketing + how to live in Jakarta

Pembaca blog sangat menyukai tema tulisan yang beraneka ragam. Kita pasti mengakui bahwa kita bosan membaca artikel yang itu-itu saja. Tidak heran ketika membaca berita dari web portal seperti Detik, Kumparan, atau Tirto, maka tab di browser kita akan berisi tentang berita politik, kuliner, traveling, hingga gosip. Betul bukan?

Sekarang yang harus kita cari adalah keunikan dan kreatifitas antar niche. Bahkan niche yang tidak pernah kita duga sebelumnya, yang mungkin bisa kita kembangkan dengan niche yang ada. 

Apa game favorit kamu di telepon genggam? Bisakah kita menggabungkan tema traveling dengan tema game? Atau tema pertanian dengan tema game? 

Apa tayangan favorit kamu di Youtube? Siapa pembawa acaranya? Pelajaran apa yang bisa kita petik dari tayangan Youtube tersebut?

Dengan sedikit kreatifitas, kita mampu menemukan tema-tema unik yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya.

3. Mematikan kolom komentar

Harus diakui bahwa banyak dari blogger terkemuka yang mendapatkan banyak komentar di artikel yang mereka tayangkan. Membalas komentar tentunya membutuhkan waktu dan energi yang tidak sedikit. Alih-alih membalas komentar, kita bisa menggunakan waktu tersebut untuk menulis artikel baru yang fresh.

Bila kamu membaca tulisan di blog orang, lalu kamu menulis komentar di sana, apa kamu akan mengunjungi blog itu lagi untuk memastikan bahwa komentar kamu dibalas oleh si penulis? Tentu tidak bukan.

Mayoritas pembaca tidak kembali hanya untuk membaca jawaban atas pertanyaan yang mereka ajukan. Pembaca blog juga jarang membaca komentar-komentar dari orang-orang sebelumnya.

Supaya pertanyaan dari pembaca tetap bisa diakomodir, saya merekemondasikan email. Kita bisa mencantumkan alamat email kita dan apabila pembaca ingin bertanya, mereka bisa kirim email ke kita.

Email menawarkan sesuatu yang lebih personal dan mendalam. Kita juga mampu berdiskusi dengan lebih serius ketika menggunakan email.

So, Sekarang matikan dulu kolom komentarmu ya.

4. Menulis artikel super Panjang

Pada awalnya kita terbiasa menulis artikel pendek yang memiliki jumlah kata antara 300-500 kalimat. Lupakan itu semua. Saatnya kita menulis artikel super panjang.

Daripada menulis artikel 1500 kalimat, Bagaimana kalau kita menulis artikel dengan jumlah 3000 kalimat.

Kenapa?

Pada hakikatnya, tulisan super panjang akan memberikan informasi yang lebih banyak kepada pembaca. Pembaca akan puas bahkan hingga ke poin-poin yang terkecil.

Tulisan super panjang bisa diaplikasikan untuk tema-tema traveling. Namun untuk tulisan tips and trick, mungkin kita sebaiknya kita langsung to the point. Jangan buat pembaca muter-muter.

5. Kekuatan Facebook

Tidak dapat disangkal bahwa Facebook adalah negara tanpa geografis. Facebook begitu dikenal oleh orang di seluruh dunia dan merupakan sosial media terbesar hingga saat ini.

Setiap hari Facebook punya 1 milyar pengguna aktif, 167 jutanya berada di Kanada dan Amerika Serikat. Hampir 75% para pengunjung internet pasti membuka Facebook. Minimal sebulan sekali pasti 1 milyar orang ini membuka website facebook.

Tahun 2020 Facebook masih powerful. Apalagi Sekarang ada fitur Facebook Marketplace, dan kita bisa jualan di sana. 

Ditambah lagi ada Facebook Ads. Cara terbaik untuk menjaring calon konsumen baru.  

Leave a Reply