desa karanggude kulon kecamatan karanglewas kabupaten banyumas

Desa Karanggude Kulon, Kec. Karanglewas, Kab. Banyumas

Desa Karanggude Kulon Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas 53161 adalah sebuah desa yang berada di sisi barat sungai Mengaji. Sebelah barat berbatasan dengan Desa Karangkemiri dan Desa Langgongsari. Sebelah utara berbatasan dengan desa Singasari. Sebelah timur berbatasan dengan desa Jipang. Dan sebelah selatan berbatasan dengan desa Tamansari.

Desa Karanggude Kulon merupakan desa pertanian. Hasil bumi yang dihasilkan antara lain singkong, kacang tanah, jagung, padi, pepaya california, dan jeruk manis. Selain hasil pertanian, ada juga hasil perkebunan. Hasilnya antara lain kelapa, duku, rambutan, mangga, dan sebagainya. Sektor lain adalah sektor jasa antara lain usaha perkreditan yang telah tersebar di berbagai daerah di Jawa Tengah, Jawa Barat dan DI Yogyakarta.

Kantor desa Karanggude Kulon berada di 

Desa Karanggude Kulon memiliki dua grumbul atau dua dusun. Yaitu grumbul Karanggude dan Grumbul Lenggerang. Kedua grumbul ini dipisahkan oleh sebuah lahan pertanian dan sebuah sungai yang bernama sungai Cideng.

Di grumbul Karanggude terdapat 2 buah sekolah dasar (SD) yaitu SDN Karanggude 01 dan SDN Karanggude 02. Sedangkan di grumbul Lenggerang terdapat SDN Karanggude 03. Untuk sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK) tidak ada di desa ini. Paling dekat dari desa Karanggude adalah SMPN 1 Karanglewas yang berada di desa Tamansari. Sekolah menengah terdekat kedua adalah SMPN 3 Karanglewas yang berada di desa Babakan, sebelah utara desa Jipang. Sedangkan SMPN 2 Karanglewas berada di desa Pangebatan.

Untuk lebih lengkapnya bisa di-klik tautan berikut mengenai keberadaan Desa Karanggude Kulon secara jelas lewat Google Map.

https://goo.gl/maps/de84oyse1B82

Baca juga : Desa Karanggude Kulon berpotensi sebagai produsen besar penghasil Pepaya California

Leave a Reply