Gunung Beser di Desa Jombor

Gunung Beser di Desa Jombor

Gunung Beser di Desa Jombor, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang baru saja dibuka baru-baru ini. Tempat ini merupakan sebuah bukit yang terletak di bagian belakang Desa Jombor. Dari Gunung Beser kita bisa melihat pemandangan daerah Temanggung. Bahkan ketika cuaca sedang cerah, laut Jawa yang berada di pesisir Kabupaten Kendal pun bisa kita lihat.

Pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing dari Gunung Beser, Jombor, Jumo, Temanggung
Pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing dari Gunung Beser, Jombor, Jumo, Temanggung

Untuk menuju Gunung Beser di Desa Jombor kita bisa melalui jalan raya Parakan-Weleri, ketika sampai di pertigaan Muntung, berbeloklah ke arah kecamatan Jumo. Nah dari sini kita akan disuguhi pemandangan indah pertanian padi dan tembakau. Pada beberapa area juga akan ditemui tanaman sayur-sayuran seperti kembang kol, kol, dan sebagainya. Berkendaralah secara pelan-pelan setelah melewati area persawasahan, gapura Desa Jombor terletak di kiri jalan, bersampingan dengan sebuah masjid. Jadi kita bisa sekalian beristirahat dan menunaikan ibadah shalat di masjid Desa Jombor ini.

Dari Masjid Desa Jombor, untuk menuju Gunung Beser kita harus berkendara lagi menuju bagian dalam desa. Kita bisa langsung bertanya pada penduduk sekitar mengenai lokasi gunung ini. Mereka dengan senang hati menjawab pertanyaan kita dengan bahasa Jawa  Krama Inggil. Jangan heran, di Temanggung memang sebagian besar orangnya masih menggunakan bahasa Jawa Krama Inggil ketika berbicara dengan orang yang baru dikenal.

Secara lebih jelas, lokasi Gunung Beser ini bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

Petilasan Kyai

Di atas Gunung Beser terdapat makam petilasan Kyai.. Petilasan ini merupakan salah satu tempat yang bisa didatangi orang untuk berziarah. Dari tempat parkir kendaraan, kita hanya perlu berjalan kaki ke atas gunung kurang lebih 20-30 menit.

Pada bulan-bulan tertentu seperti pada saat bulan Sya’ban petilasan ini ramai dikunjungi oleh peziarah.

Grebeg Sura di Gunung Beser, Jombor, Jumo, Temanggung
Grebeg Sura di Gunung Beser, Jombor, Jumo, Temanggung

Wisata Kebun Kopi

Ketika memasuki Desa Jombor kita akan melihat di kiri kanan jalan penuh dengan kebun kopi. Ya, Desa Jombor merupakan salah satu desa penghasil kopi di Temanggung. Bagi teman-teman yang berminat belajar mengenai kopi, bisa datang ke desa ini dan berdiskusi dengan kelompok petani yang ada.

Desa Jombor berada di lembah gunung Sindoro dan gunung Sumbing, jadi hawanya akan terasa dingin ketika di malam hari. Kopi adalah suguhan utama bagi para tamu yang datang ke Desa Jombor. Kopi ini diolah sendiri oleh warga. Jadi ketika kamu disuguhi kopi, maka kopi yang kamu minum adalah kopi produksi warga Jombor sendiri.

Tempat KKN Mahasiswa

Desa Jombor khususnya adalah langganan tempat KKN bagi para mahasiswa di perguruan tinggi. Para mahasiswa secara langsung terjun ke masyarakat dan memberikan nilai tambah bagi warga masyarakat Desa Jombor.

Mahasiswa KKN ini memberikan banyak penyuluhan kepada warga Desa Jombor mengenai kesehatan, sanitasi, pengelolaan usaha, pendidikan, penyuluhan, dan sebagainya.

 

Infrastruktur Desa

Dengan adanya program Dana Desa dari pemerintah, kondisi jalan menuju ke Gunung Beser jauh lebih baik dari sebelumnya. Saat ini seluruh jalan utama menuju ke semua dusun dan menuju Gunung Beser sudah dicor pada bagian kanan dan kiri jalan. Sepeda motor dan mobil bisa langsung naik menuju Gunung Beser.

Di Gunung Beser sendiri pun terdapat banyak wahana untuk berfoto selfie. Ada gardu pandang, kebun pinus, tempat selfie dengan latar pemandangan gunung Sumbing dan Gunung Sindoro, serta tempat melihat laut Jawa. Ada juga taman bermain untuk anak-anak kecil seperti perosotan, ayunan, jungkat-jungkit, dan sebagainya. Ada juga patung gorila yang sangat besar.

Kebun Pinus di Gunung Beser cocok untuk berkemah
Kebun Pinus di Gunung Beser cocok untuk berkemah

Bagi teman-teman yang kebetulan sedang dalam perjalanan menuju Semarang, menuju Yogya, atau sedang berwisata ke Borobudur, ada baiknya berkunjung juga ke Temanggung. Desa Jombor sendiri berjarak kurang lebih 30-45 menit dari kota Temanggung. Desa Jombor yang sejuk, dikelilingi kebun kopi dengan keramahan warganya adalah tempat asri untuk rehat sejenak dari penatnya rutinitas.

Gunung Beser dengan latar belakang Gunung Sumbing
Gunung Beser dengan latar belakang Gunung Sumbing
Berpose di gardu pandang Gunung Beser
Berpose di gardu pandang Gunung Beser
Gardu pandang Gunung Beser
Gardu pandang Gunung Beser

Leave a Reply