October 20, 2018

Mengatasi Blogger’s Block Agar Tulisan Blog Kamu Terpublish

Kali ini saya ingin sharing mengenai cara menyelesaikan tulisan blog yang sudah lama terpendam di draft. Banyak orang tentu pernah mengalami yang namanya rush in blogpost. Apa itu rush in blogpost? Ini adalah kondisi ketika kamu dalam sehari bisa menyelesaikan 3 sampai 4 tulisan dan di saat yang lain amat berat sekali untuk menyelesaikan satu (1) tulisan yang hanya berisi 300 kata. Entah itu karena sedang malas, sibuk bekerja, mengurus anak dan lain-lain. Inilah blogger’s block yang sering dialami banyak orang, termasuk saya.

Dalam menulis blog, menulis blog post secara berkala itu sangat penting. Blog yang menyajikan tulisan secara berkala akan membuat pembaca blog akan sering datang dan membaca tulisan kita. Berkala yang dimaksud dalam hal ini adalah teratur. Bila kita hanya mampu menulis berkala selama seminggu sekali, maka tulislah blogpost kamu selama seminggu sekali. Namun apabila kamu hanya mampu menulis selama 3 hari sekali, maka buatlah blogpost kamu dalam 3 hari tersebut. Tidak usah terlalu menggebu di awal. Jaga tenaga dan stamina.

Berikut ini beberapa tips yang bisa teman-teman terapkan untuk .

  1. Membuat jadwal menulis yang masuk akal. Kamu pasti tahu kesibukan kamu sekarang. Apabila kamu seorang mahasiswa yang masih kuliah, kamu pasti paham mengenai jadwal kuliah kamu. Bagi yang sudah bekerja, yang bekerja mulai jam 7.00 pagi dan pulang hingga jam 7.00 malam. Kamu tinggal atur waktu kamu sendiri. Saya sendiri saat ini menulis secara seminggu sekali secara berkala. Dan sedang dalam tahap meningkatkan intensitas supaya bisa lebih intens lagi.
  2. Menulis ide yang datang di notes. Ketika sedang naik mobil, antri mandi, atau menunggu air mendidih, biasanya ide datang. Karena saat itu tidak memungkinkan kita untuk menulis tulisan di laptop, maka menulislah di notes. Menulis notes bisa dilakukan di buku kecil, kertas sobekan, atau ponsel. Tulis saja dulu. Saya sering begitu, ketika ada ide entah dari mana, saya catat. Begitu nanti sudah menghadap ke laptop, saya pindah tulisan tersebut ke draft tulisan di Ms Word. Kita tidak tahu kapan pikiran kita akan stuck, kapan kita akan begitu sibuk, maka draft ide ini akan sangat berguna di kemudian hari untuk digunakan sebagai calon tulisan.
  3. Membuat daftar judul blogpost yang ingin kamu tulis. Sebagai contoh, saat ini saya di Sudan. Saya sudah membuat daftar tulisan yang ingin saya posting mengenai Sudan. Contohnya seperti ini:
    > Restoran dan cafe enak di Khartoum
    >> Restoran Aspawa, makanan timur tengah yang cocok untuk lidah Asia
    >> Restoran Nusantara, restoran Indonesia di Sudan
    >> Mie Ayam Bu Rumi, spesialis rumah makan mie ayam di Sudan
    >> Beatles Café, cafenya para penikmat shisha
    > Tempat Wisata di Sudan
    >> Sudan National Museum, melihat sejarah Sudan lebih dekat lewat museum
    >> Green yard, lokasi asik untuk jogging di akhir pekan
    >> Real Masri, lokasi memancing di Khartoum
    Dengan contoh list seperti ini saya bisa kembangkan tulisan ini menjadi blog post yang panjang. Bila sudah selesai dan yakin proses editing sudah tidak ada, maka tinggal dimasukan ke schedule post.
  1. Menulis draft blog post di Ms Word. Menulis draft blog post di Ms Word bagi saya jauh lebih berguna dibanding bila menulis langsung di platform blog. Alasan saya adalah untuk menghemat kuota internet karena saat ini masih menggunakan paket data dari telepon seluler untuk menulis blog. Menulis blog post di Ms Word juga membuat kita lebih fokus dan tidak terganggu. Kamu pasti sadar, browser selalu menggoda kita untuk membuka New Tab. Apalagi ketika menulis blog post, ketika kita sedang stuck dalam suatu topik, kita akan lebih memilih mengendorkan pikiran dengan berselancar di website lain yang akhirnya kita lupa kalau kita sedang menulis sebuah blog.
  2. Putar lagu-lagu klasik untuk membuat mood kita jadi lebih baik. Saya menyukai lagu-lagu lawas dari Celine Dion, Air Supply, Didi Kempot, dan lagu-lagu Bossanova hingga keroncong. Ini membuat pikiran saya lebih rileks dalam menuangkan isi kepala.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan supaya tulisan kamu selesai tepat waktu dan bisa rilis secara berkala. Bila kamu punya tips lain untuk mengatasi masalah blogger’s block ini, boleh di share di kolom komentar.

Related articles

Pengalaman Seru di HoshiZora Forum #12

Senin, 01 Juli 2013 terasa begitu istimewa. Hari ini saya dan Mufid Salim  mewakili @YOT_Yogyakarta akan menuju KP4 UGM di Berbah, Sleman, Yogyakarta untuk menghadiri HoshiZora Forum #12. Kegiatan rutin yang dilakukan setiap 6 bulan sekali ini dihadiri sebanyak 287 Adik Bintang SD & SMP se-DIY dan Jateng. Pukul 06.30, saya dan Mufid sudah bersiap berangkat menuju […]

tinggal di egypt

Bagaimana Rasanya Tiga Bulan Tinggal di Egypt

Hari ini, Jum’at, 1 Mei 2015, adalah hari saya yang ke 103 tinggal di Egypt. Adalah waktu yang sebentar karena memang tidak terasa, tahu-tahu udah 3 bulan. Juga waktu yang cukup lama bila dibanding kita cuma ikut jalan-jalan atau tur selama seminggu di Egypt. Hari libur di Egypt adalah hari Jum’at. Jadi rasanya hari begitu […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: