Tempat Wisata di Temanggung

21 Tempat Wisata di Temanggung Terbaru dan Terupdate

21 tempat wisata di Temanggung terbaru dan terupdate ini wajib kamu kunjungi kalau kamu sedang berada di Temanggung. Selain lokasinya yang asri, tempat ini juga cocok sekali untuk berswafoto. Apa saja 21 tempat wisata di Temanggung tersebut? Mari kita ulik satu per satu.

Temanggung terkenal sebagai daerah penghasil tembakau nomor 1 di Indonesia. Selain tembakau, daerah ini juga terkenal dengan hasil kopinya. Kabupaten yang diapit oleh banyak gunung ini menyimpan banyak keindahan alam. Bukan hanya keindahan alam, terdapat juga destinasi wisata pilihan berupa peninggalan sejarah.

Kabupaten Temanggung berada di provinsi Jawa Tengah. Luas wilayahnya 870,25 km2 dan terdiri dari 20 kecamatan.

1. Mijil Loka Temanggung

Mijil Loka Temanggung berada di desa Pongangan, Candisari, Bansari, Temanggung. Lokasi hits ini menyajikan panorama matahari terbit alias sunrise di lereng gunung Sindoro. Terdapat pula area camping ground di tempat ini.

Bagi yang gemar foto selfie, maka tempat ini jadi tempat pilihan untuk dikunjungi. Jangan lewatkan pula gardu pandang yang bisa kamu gunakan untuk mengambil foto panorama pemandangan alam lereng Sindoro.

Lokasi: Dusun Pongangan, Candisari, Bansari, Temanggung, Jawa Tengah.
Blog: wisataalammijiloka.blogspot.co.id

Wisata Alam Mijiloka
Wisata Alam Mijiloka

2. Gunung Beser Jombor, Jumo, Temanggung

Wisata alam Gunung Beser terletak di Jumo, Temanggung. Tepatnya di desa Jombor. Pastikan kendaraan yang kamu bawa adalah kendaraan yang dalam kondisi prima. Kenapa? Karena untuk menuju lokasi ini kita harus menanjak dengan kondisi jalan yang terjal.

Namun semua itu akan terbayar begitu kita sampai di atas. Pemandangan alam yang indah terpampang dengan jelas. Bahkan pada waktu kondisi yang cerah, kita bisa melihat pemandangan Laut Jawa.

Pada bulan-bulan tertentu seperti 1 Sura atau bulan Sadran, kita pun bisa datang untuk melihat prosesi adat Grebeg Sura.

Lokasi: Desa Jombor, Kecatamatan Jumo, Temanggung, Jawa Tengah
Foto: @wisata_alam_gunung_beser
Tautan terkait: https://www.redhatblog.com/gunung-beser-di-desa-jombor/

Grebeg Sura di Gunung Beser, Jombor, Jumo, Temanggung
Grebeg Sura di Gunung Beser, Jombor, Jumo, Temanggung

3. Watu Layah Temanggung

Watu Layah Temanggung merupakan destinasi wisata yang berada di daerah perbukitan dengan sajian hutan pinus dan pepohonan rimbun lainnya. Tempat ini cocok sekali untuk foto selfie dengan latar pohon pinus.

Tersedia juga gardu pandang dan rumah pohon untuk tempat guyon bersama sahabat dan kekasih tercinta. Untuk kalangan keluarga, tersedia juga gazebo untuk tempat istirahat dan leyeh-leyeh sambil menunggui anak-anak bermain.

Lokasi: Desa Tlogopucang sebelah utara, Kecamatan Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah.
Foto: @nafisanada

Wisata Watu Layah Temanggung
Wisata Watu Layah Temanggung

4. Watu Angkrik Temanggung

Tidak jauh dari lokasi Watu Layah, kamu bisa mendatangi objek wisata yang namanya Watu Angkrik. Lokasi ini biasanya diselimuti kabut yang tebal. Jadi jangan lupa bawa jaket dan jas hujan kalau kesini ya. Takutnya sewaktu-waktu gerimis/hujan datang.

Kalau sedang tidak berkabut, gardu pandang adalah pilihan utama untuk menikmati pemandangan yang ada di sekitar Watu Angkrik. Jangan lupa bawa kamera kamu dan abadikan momennya dalam bentuk foto.

Selain gardu pandang, ada juga gazebo untuk istirahat, arena flying fox dan aneka jajanan tradisional. Kalau kamu merasa sedang stres karena banyak tugas di sekolah atau banyak pekerjaan, melipirlah dahulu ke Watu Angkrik.

Lokasi: Desa Tlogopucang, Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Foto:  @watuangkrik

Wisata Watu Angkrik Temanggung
Wisata Watu Angkrik Temanggung

5. Embung Kledung

Embung Kledung menyajikan foto pemandangan gunung Sindoro. Di sisi yang lain sebenarnya kamu juga bisa mengambil foto gunung Sumbing. Embung Kledung memang berada di antara lereng dua gunung ini.

Embung Kledung memiliki air yang jernih dan sedap dipandang mata. Embung ini memang disiapkan untuk menampung air hujan yang kemudian dialirkan ke sawah dan kebun untuk keperluan irigasi. Kalau kamu sedang berada dalam perjalanan dari atau menuju Wonosobo, kamu boleh coba berhenti di sini sambil beristirahat.

Lokasi: Tlahap, Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Foto: @wisataembungkledung

Wisata Embung Kledung Temanggung
Wisata Embung Kledung Temanggung

6. Embung Tlogopucang

Embung Tlogopucang adalah danau buatan yang berfungsi sebagai tempat penampungan air hujan untuk keperluan warga yang sering kekeringan pada musim kemarau. Embung Tlogopucang memiliki pemandangan yang indah dipandang mata dan cocok untuk hunting foto.

Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah dan udara sejuk yang di sekitarnya. Embung Tlogopucang juga memiliki lokasi camping ground, cocok untuk lokasi nge-camp di akhir pekan bersama keluarga dan sahabat terdekat. Selain itu, pemandangan waktu sunset juga tidak kalah indahnya dengan pemandangan Gunung Prau, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Lokasi : Tlogopucang, Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Foto: @indonesia_look

Embung Tlogopucang Temanggung
Embung Tlogopucang Temanggung

7. Alam Jumprit Ngadirejo

Wanawisata Alam Jumprit Ngadirejo diresmikan pada tahun 1987 dan merupakan salah satu destinasi wisata paling kekinian di Temanggung. Tempat ini selalu ramai dikunjungi terutama saat liburan. Kamu bisa menikmati suasana alam yang sejuk dengan pepohonan pinus di sekelilingnya. Kamu juga bisa menikmati kopi di sebuah café yang terletak di area ini.

Fasilitas lain yang tersedia yaitu pemandian Umbul Jumprit, area camping ground, arena track ATV, rumah pohon, dan lain sebagainya. Jangan lupa bawa kameramu dan abadikan momen terindah bersama orang terdekat.

Lokasi: Ngadirejo, Tegalrejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Foto: @wisata_jumprit

Wisata Alam Jumprit Temanggung
Wisata Alam Jumprit Temanggung

8. Wisata Alam Posong

Wisata Alam Posong terletak di lereng Gunung Sindoro dengan panorama alam berupa pemandangan alam. Lokasi ini tidak jauh dengan Embung Kledung. Tempat ini terkenal dengan spot golden sunrise-nya.

Usahakan datang pagi-pagi sehabis shalat Subuh untuk mendapatkan momen golden sunrise yang indah.

Lokasi: Posong, Tlahap, Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Foto: @wisata_posong

Wisata Alam Posong Temanggung
Wisata Alam Posong Temanggung

9. Alam Sewu Ngadirejo

Alam Sewu Ngadirejo menawarkan konsep wisata dengan keindahan alam yang tersembunyi. Hamparan tanaman hijau dengan pemandangan pegunungan di sekitarnya memberikan nuansa menenangkan. Hampir semua tempat dan spot di Alam Sewu Ngadirejo cocok untuk diabadikan menjadi foto.

Lokasi: Giripurno, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Foto: @alamsewu_temanggung

Wisata Alam Sewu Temanggung
Wisata Alam Sewu Temanggung

10. Hutan Rasamala Wisata Walitis

Hutan Rasamala terletak di antara Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Tempat ini cocok untuk hunting foto keadaan hutan dan flora fauna yang ada di dalamnya.

Di Hutan Rasamala terdapat pohon Walitus berukuran raksasa. Pohon ini merupakan ciri khas dari tempat ini. Banyak orang yang datang ke Hutan Rasamala hanya sekedar ingin berfoto bersama pohon ini. Keunikan lainnya yaitu terdapat rumpun rasamala yang diyakini tidak bisa terbakar yang berada di radius 1.5 km dari pohon Walitis. Unik bukan?

Lokasi: Desa Jetis, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Foto: @wisata_walitis

Wisata Walitis Hutan Rasamala Temanggung
Wisata Walitis Hutan Rasamala Temanggung

11. Bukit Wagir Bawang

Bukit Wagir Bawang menawarkan konsep wisata alam pegunungan dan alam sekitar. Tempat ini cocok bagi kamu yang gemar berburu foto sunrise maupun sunset. Tempat ini cocok sekedar untuk lepas dari rutinitas dan berkontemplasi diri.

Lokasi: Desa Simpar, Kecamatan Tretep, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Foto: @wagirbawang

Wagir Bawang Temanggung
Pemandangan dari Bukit Wagir Bawang Temanggung

12. Curug Lawe Temanggung

Curug Lawe di Temanggung adalah air terjun yang keberadaannya sedikit tersembunyi. Namun, lokasi ini tetap ramai dikunjungi karena ketenarannya yang ramai dibicarakan dari mulut ke mulut.

Air mengalir dari ketinggian dan menciptakan air terjun. Gemericik air yang mengalir di antara bebatuan dan dinding tebing menciptakan kedamaian tersendiri.

Sambil bersantai menikmati sejuknya air terjun Curug Lawe kamu bisa mengabadikan momen indahmu dengan foto yang indah.

Lokasi: Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Foto: @curuglawetemanggung

Curug Lawe Temanggung
Curug Lawe Temanggung

13. Tlogowungu Muncar

Untuk menuju Tlogowungu Muncar, kita perlu melewati perjalanan yang jauh dan cukup menantang. Namun semua ini akan terbayarkan dengan kondisi alamnya yang indah. Semua rasa lelah yang ada akan hilang.

Di tempat ini ada banyak spot foto yang bisa kita abadikan. Jangan lupa siapkan baterai kamera yang full sebelum kamu memutuskan berangkat ke Curug Muncar.

Lokasi: Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Foto: @renaldi_rre

Pemandangan di Tlogowungu Muncar Temanggung
Pemandangan di Tlogowungu Muncar Temanggung

14. Curug Onje

Curug Onje terletak di Bejen. Kalau kamu sedang dalam perjalanan di jalan propinsi Parakan menuju Kendal, kamu bisa rehat sejenak di objek wisata ini.

Dengan menyusuri hutan dan perkebunan milik warga, sedikit jalan yang berkelak kelok, kita akan tiba di curug ini. Curug ini memiliki tebing yang berundak dengan pahatan alaminya. Tentu hal ini menawarkan hal yang berbeda dengan air terjun lainnya di Temanggung. Kamu pun bisa naik dan menyusuri undakan tebing ini, namun ingat, harus tetap hati-hati ya.

Lokasi: Desa Duren, Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Foto: @temanggungzone

Curug Onje di Bejen Temanggung
Curug Onje di Bejen Temanggung

15. Curug Titang

Curug Titang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Kondisi air terjun yang indah, udara yang sejuk dan pemandangan alam yang mempesona membuat kita betah berada di sana. Ditambah lagi, ada banyak spot foto. Kalau kamu gemar arung jeram, kamu pun bisa melakukannya di sana.

Lokasi: Dusun Durenan, Desa Tembarak, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Foto: @ekowidiyol

Curug Titang Temanggung
Curug Titang Temanggung

16. Curug Merak

Curug Merak terletak di Candiroto. Air terjun ini mengalir membelah bebatuan dengan gemericik airnya yang menenangkan. Dominasi tanaman alami di sekitar air terjun memberikan kesan sejuk dan asri. Kita bisa berfoto dengan latar belakang air terjun ini.

Lokasi: Dusun Ndawe, Desa Sidoharjo, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Foto: @kabartemanggung

Curug Merak Temanggung
Curug Merak Temanggung

17. Curug Guwung

Curug Guwung menawarkan air terjun dan sungai yang bisa untuk berenang. Perlu diketahui bahwa tebing bebatuan yang berada di sekitar air terjun berwarna kecoklatan. Sebuah perpaduan yang asri dengan warna air terjun yang berwarna putih. Cocok untuk kamu yang gemar berburu foto pemandangan.

Lokasi: Desa Gunung Payung, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Foto: @galuhmaharani12

Curug Guwung Candiroto Temanggung
Curug Guwung Candiroto Temanggung

18. Monumen Meteorit

Pada tahun 2001, tepatnya 11 Mei 2001 sekitar pukul 09.00 pagi, di Temanggung pernah jatuh sebuah meteorit. Untuk menandai peristiwa tersebut, maka dibuatlah sebuah tugu peringatan. Tugu Meteorit itulah yang ada sekarang. Tempat ini cocok untuk mampir kalau sedang berada dalam perjalanan dari Parakan menuju Temanggung.

Lokasi: Wunut, Desa Wonotirto, Bulu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Foto: @wongcrewchild

Monumen Meteorit Temanggung
Monumen Meteorit Temanggung

19. Pikatan Water Park

Pikatan Water Park adalah tempat rekreasi dan liburan keluarga. Terdapat banyak wahana permainan seru yang bisa kita coba. Mulai dari ember tumpah, jembatan goyang, flying fox, gocar, dan perosotan air.

Ada juga kolam renang bagi kamu yang Cuma ingin datang untuk berolahraga. Atau kamu sebagai keluarga muda, kamu ingin mengajari anakmu berenang. Pikatan Water Park adalah pilihan terbaik.

Lokasi: Jl. Raya Pikatan, Mudal, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Foto: @ho_ho_115

Pikatan Water Park Temanggung
Pikatan Water Park Temanggung

20. Candi Pringapus

Candi Pringapus merupakan candi dengan nuansa Hindu. Candi ini dibangun pada sekitar tahun 850 M. Dengan pemandangan candi yang indah, kamu bisa mengabadikan momen indahmu di sana.

Lokasi: Desa Pringapus, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Foto: @candipringapus

Candi Pringapus Temanggung
Candi Pringapus Temanggung

21. Situs Liyangan

Situs Liyangan adalah sebuah komplek candi yang ditemukan pada tahun 2008. Kala itu, penemuan situs terjadi karena ketidaksengajaan. Sebuah aktivitas pertambangan bahan galian C akhirnya menemukan lokasi tersebut. Saat ini, Situs Liyangan menjadi sebuah komplek wisata yang cukup hits di Temanggung.

Lokasi: Dusun Kramat , Tegalrejo,Ngadirejo, Area Sawah, Purbosari, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56255

Situs Liyangan Temanggung
Situs Liyangan Temanggung

Itulah sekilas 21 tempat wisata di Temanggung yang hits dan pemandangannya indah. Cocok sekali untuk kita para kawula muda maupun keluarga yang ingin sekedar piknik tipis-tipis tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam. Pikniknya dapat, lokasinya dekat, dan ramah di kantong.

Selamat berlibur.

2 thoughts on “21 Tempat Wisata di Temanggung Terbaru dan Terupdate

Leave a Reply