Dolmabahce Palace di Turki, Istana Berhias 14 Ton Emas

in the gate of dolmabahce palace di turki

Istana Dolmabahce atau lebih dikenal dengan nama Dolmabahce Palace di Turki adalah pusat administrasi Kesultanan Ottoman pada tahun 1856 hingga 1887 dan 1909 hingga 1922. Istana ini berada di Besiktas, Istanbul. Lebih tepatnya di depan stadion klub sepakbola Besiktas FC.

Dolmabahce berasal dari kata dolma dan bahçe. Dolma memiliki arti “dipenuhi” dan bahçe berarti “kebun”. Dua kata ini adalah bahasa Turki.

Dolmabahce Palace di Turki dibangun pada tahun 1843-1856 M atas perintah dari Sultan Abdülmecid I. Beliau adalah sultan ke-31 dalam silsilah kesultanan Turki. Sebelumnya, para sultan dan keluarganya tinggal di Topkapı Palace. Namun Topkapı Palace memiliki beberapa kekurangan dalam segi arsitektur, seni, kemewahan serta kenyamanan dibandingkan dengan istana lain di daratan Eropa. Sultan Abdülmecid memutuskan untuk membangun istana baru di tempat yang dulunya merupakan bekas lokasi Beşiktaş Sahil Palace. Arsiteknya adalah Garabet Balyan yang dikepalai oleh Hacı Said Ağa selaku kepala konstruksi. Kamu bisa baca di Wikipedia untuk lebih jelasnya.

The gate of treasury di dolmabahce palace
The gate of treasury di Dolmabahce Palace

Pembangunan Dolmabahce Palace menghabiskan dana 5 juta Lira Emas Ottoman, atau setara dengan 35 ton emas. Kalau dibandingkan dengan uang masa kini maka nilainya sama dengan $ 1.5 miliar (2013) atau sama dengan 21 triliun rupiah (Rp14.000/USD). Jumlah ini sama dengan seperempat jumlah pajak tahunan yang dimiliki oleh Ottoman. Bisa dibayangkan betapa mahalnya pembangunan istana tersebut kala itu.

Dolmabahce Palace di Turki dipakai oleh 5 sultan pada tahun 1856 hingga tahun 1924. Sultan terakhir yang tinggal di sana adalah Abdülmecid Efendi sebelum akhirnya ia lengser karena Turki berganti menjadi republik. Mustafa Kemal Atatürk selaku persiden pertama Republik Turki modern meninggal di istana tersebut pada 10 November 1938. Kalau kamu mengunjungi Dolmabahçe Palace kamu bisa melihat di ruang mana Mustafa Kemal Atatürk meninggal.

Lokasi Dolmabahce Palace di Turki

Dolmabahçe Palace berada di wilayah Besiktas. Istana ini berada persis di seberang jalan stadion Besiktas FC. Kalau kamu punya waktu lebih, sangat disarankan untuk sekalian berkunjung ke dalam stadion. Waktu itu saya tidak sempat masuk ke dalam stadion karena waktunya yang mepet. Tapi lumayan juga dapat kenang-kenangan bisa berfoto di depan stadion.

besiktas fc stadium
Berfoto di depan stadion Besiktas FC

Dolmabahçe Palace berada persis di tepi selat Bosporus. Dari pinggir istana kamu bisa menyaksikan kapal feri dan kapal dagang berlalu lalang. Kalau cuaca sedang bagus kamu bisa asik nongkrong sambil minum kopi luar istana. Waktu itu sedang gerimis, jadi saya tidak sempat untuk asik nongkrong. Keluar dari istana langsung lari-lari menuju stasiun trem untuk mengunjungi tempat lainnya.

Oh ya, kamu harus mengantisipasi betul bulan apa kamu pergi ke Istanbul. Kamu harus paham sedang musim panas atau musim dingin, atau musim hujan. Saya datang pada bulan Juni, biasanya waktu tersebut adalah musim semi. Tanpa saya duga di Istanbul sedang sering turun hujan. Meskipun kamu bisa membeli payung atau jas hujan ringan di sana, alangkah baiknya kamu bawa dari rumah. Itung-itung menghemat budget jalan-jalan, uangnya bisa dibelikan oleh-oleh di Grand Bazar.

pemandangan di tepi jalan dari stasiun kabatas

Transportasi menuju Dolmabahce Palace

Untuk menuju Dolmabahçe Palace ada banyak pilihan transportasi yang bisa dipakai. Bila kamu menggunakan mobil pribadi atau taksi maka tinggal katakan saja ke sopir. Lokasinya berada persis di depan stadion Besiktas. Jadi selain mengunjungi Dolmabahçe Palace kamu juga bisa sekalian masuk ke stadion Besiktas.

Bila kamu menggunakan trem maka kamu harus turun di stasiun Kabataş. Stasiun ini merupakan stasiun terakhir jadi jalur menuju Dolmabahçe Palace. Jadi kamu tidak perlu khawatir kebablasan. Dari stasiun Kabataş kamu tinggal jalan kaki selama kurang lebih 10 menit menuju Dolmabahçe Palace.

istanbul metro map
Istanbul Metro Map

Bila kamu menggunakan kapal feri, entah itu kamu datang dari Kadikoy, Eminonu, atau dari dermaga feri lainnya, kamu bisa turun di dermaga Kabatas. Dermaga Kabatas lokasinya tidak jauh dari stasiun trem Kabatas. Dari dermaga ini kamu bisa langsung jalan kaki menuju Dolmabahçe Palace yang hanya berjarak kurang lebih 5-10 menit jalan kaki. Kamu juga bisa jalan kaki dari dermaga Besiktas. Namun akan sedikit lebih jauh jalan kakinya. Posisi pintu gerbang Dolmabahçe Palace sendiri berada di sisi selatan, dekat dengan stadion klub Besiktas.

istanbul ferry map
Istanbul Ferry Map

Ingat baik-baik ya

Jangan ambil foto ketika berada di dalam Dolmabahçe Palace. Hal itu sangat dilarang oleh petugas di sana. Nikmati saja suasana yang ada. Pengalaman saya ketika jalan-jalan, saya kurang fokus menikmati suasana di spot wisata ketika saya sibuk ambil foto sana-sini. Jadi mending simpan saja kameranya. Lagian juga akan sangat memalukan apabila petugas mendapati kita sedang ambil foto tanpa ijin. Dan seringkali bule-bule Eropa kedapatan ambil foto secara ilegal. Malu-maluin!

Ketika tour berlangsung, kamu akan dibekali dengan alat komunikasi radio yang menjelaskan tentang seluk-beluk Dolmabahçe Palace dari awal hingga akhir. Biasanya kamu akan diminta meninggalkan kartu identitas sebagai jaminan. Kamu bisa menggunakan paspor kamu. Jangan takut paspormu hilang, karena mereka menyimpannya dengan baik. Bila kamu datang berombongan, cukup gunakan 1 paspor saja untuk jaminan. Gunakan radio tersebut dengan hati-hati. Di setiap bagian istana, radio tersebut akan menjelaskan secara detail mengenai bagian tersebut. Ada berbagai pilihan bahasa dalam radio tersebut. Paling mudah ya gunakan bahasa inggris. Kalau kamu menggunakan tour guide, biasanya si tour guide juga akan ikut membantu menjelaskan.

Di akhir tour kamu bisa mengunjungi gift shop dan membeli cindera mata di sana. Ada banyak barang yang dijual seperti gantungan kunci, tempelan kulkas, patung dan action figur, mainan bongkar pasang, dan buku. Saya membeli buku tentang Hagia Sophia dan Dolmabahçe Palace.

honeymoon to istanbul
Honeymoon ke Istanbul paling enak ya berkunjung ke Dolmabahce Palace

Baca juga tulisan saya yang lain ketika jalan-jalan ke Turki:

10 Tempat Wisata di Istanbul yang Wajib Dikunjungi

Hagia Sophia di Turki

Itinerary 5 Hari di Istanbul, Turki

Leave a Reply