Kebun Jeruk di Purwokerto

Kebun Jeruk di Purwokerto

Kebun Jeruk di Purwokerto saat ini berada di Desa Karanggude Kulon, Kec. Karanglewas, dan juga di Wangon. Varietas jeruk yang ditanam adalah jenis jeruk keprok. Jeruk ini biasa tumbuh di daerah tropis dan subtropis.

Pohon jeruk keprok memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibandingkan pohon jeruk lainnya. Bunganya dapat diserbuki dengan bantuan lebah, penyerbukan sendiri, atau secara partenokarpi (khusus pada jeruk varietas satsuma yang tanpa biji).

Jeruk keprok memiliki nama latin Citrus reticulata. Jeruk ini adalah nenek moyang dari segala berbagai jenis spesies dan varietas jeruk di dunia. Citrus reticulata memiliki beberapa varietas diantaranya adalah satsuma atau mikan (Citrus unshiu), clementine, clemenule, atau nules (Citrus × clementina), dan tangerine (Citrus tangerina).

Di Indonesia persebaran jenis jeruk keprok berada di daerah Batu, Jember, dan Banyuwangi untuk area Jawa Timur, Garut di Jawa Barat, Timor Tengah Selatan di NTT, dan Bali. Di Jawa Tengah sendiri, budidaya jeruk keprok saat ini ada di Kabupaten Banyumas tepatnya di Kecamatan Karanglewas dan Kecamatan Wangon.

Ilustrasi buah jeruk keprok
Ilustrasi buah jeruk keprok

Kebun Pak Tarso

Kebun Pak Tarso di Desa Karanggude Kulon, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas saat ini sedang mulai mengembangkan budidaya jeruk keprok. Budidaya ini sudah dimulai pada tahun 2014. Kurang lebih sudah berjalan selama 4 tahun.

Jumlah pohon yang dibudidayakan saat ini mencapai 1000 pohon. Untuk pemasaran buah jeruknya sendiri saat ini untuk memenuhi pasar lokal. Ada yang jual untuk buah peras maupun buah matang siap santap.

Baca juga >> Kebun Pepaya California di Purwokerto, Jawa Tengah




Kebun Pak Tarso membuka kerja sama bagi siapa saja yang ingin menanam pohon jeruk ini untuk level pertanian kecil maupun menengah. Bibit dibeli dari Kebun Pak Tarso, lalu kemudian ketika sudah mulai berbuah, buah jeruk bisa dijual ke Pak Tarso lagi. 

Kebun Jeruk di Purwokerto
Kebun Jeruk di Purwokerto

Jual Bibit Jeruk Keprok di Purwokerto

Kebun Pak Tarso menyediakan bibit jeruk keprok untuk dibudidayakan secara individu, yaitu ditanam di depan rumah. Selain itu juga menyediakan bibit untuk level perkebunan kecil maupun menengah.

Pohon jeruk cocok dibudidayakan di daerah Purwokerto karena kondisi iklimnya yang mendukung. Pohon jeruk tidak memerlukan air yang begitu banyak dibanding buah lainnya. Usia panennya juga relatif cepat, rata-rata sekitar 2-3 tahun setelah masa tanam sudah mulai bisa dipanen.

Pohon jeruk juga cocok dibudidayakan di depan rumah. Jeruk kaya akan vitamin C dan antioksidan. Minum air perasan jeruk di pagi hari, khususnya waktu bangun tidur akan membantu menjaga kesehatan kita sepanjang hari.

kebun orange fruit
Buah jeruk siap dipetik dalam beberapa hari lagi

Wisata Petik Buah Kebun Pak Tarso

Kebun Pak Tarso juga melayani wisata petik buah di kebun. Kegiatan ini cocok dilakukan untuk para siswa TK, SD, atau yang sedang berlibur ke Purwokerto dan ingin menikmati petik buah jeruk di kebun. Selain itu, untuk para mahasiswa perguruan tinggi juga bisa datang untuk melakukan kegiatan penelitian atau Tugas Akhir (TA).

Wisata Petik Buah Pepaya California
Wisata Petik Buah Pepaya California

Leave a Reply