Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

Untuk teman-teman yang sempat bertanya kepada saya, bagaimana cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang dari blog kita, silakan lanjutkan baca tulisan ini. Kali ini saya akan coba bagikan 11 langkah pertama dalam menulis blog.

Blog yang kita buat hendaknya punya tujuan awal. Blog untuk promosi usaha, baik usaha nyata atau jual beli online. Atau kamu memang hobi menulis dan punya pengalaman yang ingin kamu bagikan.

Baca tulisan saya yang lain:

bertukar-backlink-google-search
Menulis secara konsisten kunci sukses menjadi blogger

Saya mengelola kebunpaktarso.blogspot.com dengan tujuan untuk mempromosikan usaha serta menarik pembeli.

Saya menulis di redhatblog.com untuk membagikan cerita dan pengalaman saya ketika bekerja di luar negeri.

Saya juga menulis di purwokertocity.blogspot.com untuk berbagi cerita-cerita tentang keadaan tempat tinggal saya yaitu kota Purwokerto kepada para pembaca.

Kalau kamu, kenapa kamu ingin menulis blog?

Pengguna-sosial-media-di-Indonesia-menurut-Hootsuite
Pengguna sosial media di Indonesia – Hootsuite

Tulisan ini saya terjemahkan dan saya tambahkan sesuai pengalaman saya sendiri. Artikel aslinya bisa kamu baca pada tautan berikut ini.
11 langkah yang ditulis oleh Problogger di bawah ini.

1. Menulislah dengan Semangat

Kita semua pasti ingat hal-hal penting apa yang pernah terjadi di hidup kita. Pencapaian-pencapaian apa yang pernah kita raih dari kecil. Berhasil mendaki puncak Gunung Slamet, berhasil bersepeda dari Jogja hingga Purwokerto tanpa henti, atau touring vespa dari Tegal hingga Jogja. Itulah beberapa pengalaman saya selama masih duduk di bangku kuliah.

Hal-hal yang berkesan akan selalu teringat di kepala. Itulah yang kita pakai sebagai acuan kita. Tulislah sesuatu yang memang high di kepala kita. Pengalaman traveling, menjuarai lomba panjat pinang, atau pengalaman mengikuti training bersama Google. Tulis apapun yang menurutmu paling menarik.

Tidak perlu menulis dengan bahasa sekolahan yang memakai SPOK – Subjek-Predikat-Objek-Keterangan atau EYD – Ejaan Yang Disempurnakan. Tulis saja dengan bahasa yang enak dibaca. Bahasa sederhana yang mudah dimengerti oleh banyak orang.

Menulis blog adalah perjalanan panjang, maka semangat harus kita jaga
Menulis blog adalah perjalanan panjang, maka semangat harus kita jaga

Ini dia aturannya:

  • Gaya tulisan kita di blog harus “ngena”. Kurangi kata-kata yang terlalu bergaya akademis. Kurangi SPOK, kurangi EYD. Tulis dengan bahasa santuy.
  • Kamu pasti ingat paragraf-paragraf di dalam skripsi atau karya tulis, ya kan? Buang itu semua. Sekarang kamu harus berpikir secara bullets and numbering. Setiap hal harus dibuat point per point. Pastikan pembaca mampu mengerti setiap bagian dari tulisan dan mereka tidak merasa membuang waktu untuk membaca blog kamu.
  • Rajin berkunjung ke blog-blog besar yang memiliki gaya penulisan menarik — Lifehack, Lifehacker, Buzzfeed, Huffington Post – untuk mendapatkan inspirasi. Ambil topik yang kamu rasa menarik, lalu tulis dengan gaya tulisan yang sama. Latihan ini akan membuat kamu jadi lebih menguasai gaya tulisan kamu sendiri.
  • Saya biasa membaca tulisan-tulisan di Quora. Pertanyaan dan jawaban di Quora menambah pengetahuan saya.
Ilustrasi menulis blog

2. Niche Blog atau Tema Blog

Ada sebuah analogi yang mengatakan bahwa lingkunganlah yang membuat tumbuhan atau hewan itu tumbuh dan berkembang biak.

Saya pikir ini sebuah analogi yang bagus. Begitu pula dengan blog kita. Dengan membuat niche atau tema tulisan yang bagus, maka tulisan yang dihasilkan akan menjadi berkualitas.

Lalu, niche apa yang bisa kamu pakai dalam menulis blog?

  • Jika kamu menjalankan sebuah usaha, maka niche blog kita ya tentang barang atau produk yang kita hasilkan. Kami menjalankan sebuah usaha pertanian pepaya California, singkong, jeruk siam dan beberapa buah-buahan lain. Kami juga mengelola sebuah blog di KebunPakTarso.blogspot.com. Ini adalah sebuah blog untuk menuliskan semua produk kami dengan konsep storytelling.
  • Jika kamu seseorang yang hobi menulis, dan mengunggah tulisanmu ke blog, maka niche yang dihasilkan bisa lebih banyak. Saya punya hobi menulis dan menuliskan pengalaman perjalanan saya di Redhatblog.com. Redhatblog berisi tentang pengalaman perjalanan saya berada di luar negeri, seperti di Mesir, Sudan, Turki, Saudia Arabia dan beberapa negara lain. Bukan hanya tentang pengalaman perjalanan, namun juga tentang tips trik menulis blog, tentang pertanian, dan sebagainya. Semua hal yang menarik, saya tulis. Saat ini kurang lebih ada sekitar 500 tulisan yang saya tulis sejak tahun 2009.
  • Jika kamu seorang freelancer, maka kamu tidak perlu memiliki niche. Topik tulisan yang kita buat ditentukan oleh klien. Yang artinya kita harus rajin-rajin membaca dan menulis. Semakin banyak hal yang kita tahu, maka itu bagus. Artinya kita semakin menguasai topik tersebut. Jangan pernah menulis topik yang tidak ketahui.

Seorang freelancer memang sebaiknya memiliki spesialis tertentu, entah di bidang traveling, dekorasi, politik, pertanian, dan sebagainya.

take a picture in front of masjid amr ibn al as
Berfoto bersama di depan Masjid Amr ibn al-As, Cairo

3. Pertajam Tulisan

Setiap kali menulis artikel, sebaiknya ada tujuan atau pesan yang ingin disampaikan. Ini akan membuat orang merasa mendapatkan manfaat dengan adanya tulisan kita. Kaidah SEO memang sebaiknya kita ikuti, namun apalah artinya tampil di halaman pertama Google tapi pembaca tidak mendapatkan banyak manfaat.

  • Kamu hobi jalan-jalan, maka berikan informasi tertentu yang memang orang perlu tahu tentang suatu daerah. Ketika saya traveling, semua hal sudah terlintas dalam pikiran saya. Kemudian saya akan menuliskan tentang lokasi, kendaraan, penginapan, harga-harga, dan spot-spot yang bisa dikunjungi ketika berada di sana.
  • Kamu punya informasi penting, maka tuliskan tanpa bertele-tele.
  • Kamu punya cerita lucu, bagikan supaya orang yang membaca terhibur.
  • Kamu punya cerita yang menginspirasi, bagikan supaya orang lain mendapatkan manfaatnya.
Redhatblog saya dedikasikan untuk berbagi pengalaman perjalanan
Redhatblog saya dedikasikan untuk berbagi pengalaman perjalanan

4. Menemukan Pembaca Melalui Sosial Media

Setiap blog pasti memiliki pembaca setia. Dan untuk menjadikan seorang pengunjung blog menjadi pembaca setia, ada beberapa hal yang harus kita bangun. Dari statistik kunjungan (saya menggunakan WordPress, dan saya menggunakan Jetpack untuk mengetahui tulisan mana yang paling sering dikunjungi oleh orang), saya tahu tulisan mana yang dibutuhkan oleh pembaca.

Satu dua pembaca blog saya juga mengirimkan saya email (karena memang saya menyertakan email apabila seseorang ingin bertanya tentang suatu hal lebih detail). Saya membalas email tersebut secepat saya bisa.

Ketika seseorang mengirimkan email, hal yang paling dinantikan oleh pengirim email adalah balasan email.

Saya berencana membuat tulisan soal email ini.

Bagian lain dari “menemukan” pembaca blog adalah tahu kapan dan dimana tulisan kita begitu “ngena”. Di Indonesia, hampir 70% orang memiliki akun di sosial media, baik Facebook, Twitter, Youtube maupun LinkedIn.

Sosial-media-paling-aktif-di-Indonesia-menurut-Hootsuite
Sosial media paling aktif di Indonesia menurut Hootsuite

Dari sini kita harus belajar bahwa:

  • Millennials secara umum bermain di Facebook, Instagram, Twitter dan YouTube
  • Profesional sering mengakses akun Facebook, Instagram, Twitter dan LinkedIn mereka
  • Wanita sering bermain di Facebook, Twitter dan Instagram
Sosial-media-palinPengguna sosial media Facebook, Instagram, dan Facebook Mesenger) menurut umurg-aktif-di-Indonesia-menurut-Hootsuite
Pengguna sosial media Facebook, Instagram, dan Facebook Mesenger) menurut umur

5. Strategi dan SEO

Kaidah SEO mutlak kita kuasai. Tapi itu nanti. Untuk awal-awal, menulis secara rutin adalah kunci utamanya. Kalau sudah banyak tulisan yang tercipta, sambil jalan belajar tentang SEO. Saya sendiri baru mempelajari soal SEO baru belakangan ini.

Beberapa strategi SEO yang teman-teman bisa terapkan yaitu:

Tautan ke Blog

Setiap artikel harus memiliki link atau tautan ke artikel yang lain. Baik itu artikel di blog sendiri maupun ke blog orang lain (jika bekerja sama). Semakin banyak link ke artikel lain maka kemungkinan pengunjung untuk mengunjungi tulisan lain tersebut juga semakin besar. Semakin banyak klik maka semakin baik.

Bahkan ketika menuliskan status di facebook, cantumkan juga link di sana. Ketika menulis di twitter, cantumkan link di sana. Menulis di LinkedIn juga. Kalau di Instagram, cukup cantumkan di bagian profil saja. Saat ini Instagram belum memungkinkan untuk mencantumkan link pada bagian feed post.

Semakin banyak link ditebar maka semakin bagus. Page rank semakin naik. Kualitas blog semakin baik. Perlahan tapi pasti, blog kita sedang naik ke level yang lebih tinggi.

Setiap sosial media harus saling berkaitan dan saling mendukung
Setiap sosial media harus saling berkaitan dan saling mendukung

Keywords alias kata kunci

Kata kunci atau keywords adalah kunci utama dalam SEO. Tulisan kita harus fokus pada kalimat tertentu. Tidak perlu panjang. Cukup 4-5 kata saja. Masukan 4-5 kata tersebut di judul artikel, 3 kali di dalam artikel dan 1 kali di metadescription. Keywords kedua bisa dimasukan ke artikel. Ulangi aturan 4-5 kata di tadi di dalam artikel.

Untuk mengecek artikel yang kita buat sudah SEO-able atau belum, saya biasa memakai Yoast SEO Premium Plugin.

Menemukan keyword terbaik membutuhkan kesabaran dan juga perlu research. Tak perlu kuliah di IT, cukup belajar saja sendiri lewat Google.

  • Gunakan Google AdWords, Keywordtool.io, atau Keywords Everywhere. Ada banyak sekali tools yang bisa dipakai.
  • Research kecil bisa dicoba dengan cara mengetikan kalimat di Google Search dan kamu akan menemukan related topic pada bagian bawah kolom pencarian. Inilah yang disebut dengan suggestion topic. Inilah topik-topik yang sering diketikkan oleh para pencari informasi di Google.
  • Peringatan: gunakan kata kunci yang sesuai kaidah SEO, jangan kebanyakan.
  • Membuat SiteMap atau peta situs. Peta situs memuat halaman-halaman penting yang memudahkan pembaca menemukan artikel yang mereka butuhkan.
  • Konten berkualitas. Konten yang dibuat haruslah konten segar dan berkualitas. Ketika pembaca merasa tulisan itu penting, mereka membagikannya secara sukarela. Semakin banyak yang berkunjung, semakin banyak yang membagikannya, ranking SEO blog pun ikut naik.
  • Jadi Guest Blogger: Kontak salah satu blog yang aktif, kirim email ke penulisnya. Tujuan akhirnya adalah menjadi Guest Blogger yang saling bertukar link.

Tujuan utama dari beberapa poin di atas adalah meningkatkan jumlah link yang mengarah ke blog kita. Semakin banyak link maka itu semakin bagus.

Networking adalah kunci sukses dalam menulis blog
Networking adalah kunci sukses dalam menulis blog

6. Konsistensi  – Menulis Secara Rutin!

Pembaca blog setia akan tumbuh secara perlahan. Tulisan kita akan dikenal orang sedikit demi sedikit. Tergantung dimana kita melakukan promosi tulisan. Orang yang suka dengan tulisan kita akan merekomendasikan blog kita ke orang lain. Lama-kelamaan tulisan kita akan dibaca banyak orang. Ditambah lagi, bila kita menulis secara rutin, mereka akan percaya bahwa kita seorang blogger dengan konten yang menarik.

Ketika blog kita sudah memiliki pembaca setia, mereka akan berbagi ke teman-teman mereka. Dari sinilah para pembaca kita akan tumbuh dan berkembang. Semakin bertambahnya pembaca –yang ditandai dengan semakin banyaknya pengunjung blog, maka kita harus menyediakan konten secara rutin. Sebagai tanda bahwa kita serius mengelola blog.

Saya biasa mengupdate tulisan di blog saya setiap hari Jumat. Hal ini sudah saya lakukan secara konsisten selama beberapa tahun ini. Kalau saya miss di beberapa hari, akan saya balas di minggu berikutnya. Pokoknya setiap bulan harus ada minimal 4 tulisan muncul di blog saya.

Setiap tulisan yang telah saya publish, saya bagi lagi lewat sosial media: Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Beberapa kali saya juga post gambar di Instagram dengan caption supaya para pembaca mengunjungi blog saya. Hal ini saya lakukan secara konsisten. Silakan cek sosial media saya.

7. Bekerja sama dengan blogger lain

Siapa blogger terbaik dalam niche yang sama denganmu? Dimana blog lainnya yang niche-nya sama namun bukan kompetitor kita? Temukan mereka, ikuti akun Facebook, Instagram, dan Twitternya. Bangun hubungan dengan mereka.

  • Tanyakan apakah boleh re-post artikel yang pernah mereka publikasikan –mereka pasti akan sangat senang
  • Mention mereka di artikel yang kita buat, beritahu mereka bahwa kita mencantumkan nama mereka dan memberikan link atau tautan langsung pada tulisan tersebut
  • Kirim artikel yang kita buat ke mereka dan beritahu bahwa kita akan mempublikasikan tulisan ini –secara otomatis pembaca blog mereka akan menjadi pembaca blog kita juga. Jangan lupa juga jika mereka akan mempublikasikan tulisan kita juga, maka minta mereka untuk mencantumkan backlinks ke tulisan kita.
  • Minta mereka jadi guest post di blog kamu. Ketika kamu mampu melakukannya, level kamu sudah naik di mata pembaca blog kamu.
Networking.. networking.. networking..
Networking.. networking.. networking..

8. Promosi Lewat Sosial Media

Sosial media adalah media yang dapat kita gunakan untuk menyebarkan tautan dan poin-poin konten yang telah kita tulis dalam blog. Ada beberapa hal yang mungkin harus diperhatikan di sini.

  • Bekerja sama dengan blogger lain adalah kunci
  • Re-post artikel kita di sosial media sesuai waktunya. Di Facebook, Twitter, dan Instagram Stories.
  • Usahakan blog kita dicantumkan di blog lain dengan backlinks
  • Tawarkan sesuatu yang menarik kepada blogger lain atau pembaca blog kita. Yang saya lakukan adalah saya membuat sebuah contoh CV. Lalu saya tawarkan kepada mereka, bagi yang ingin CV ini, silakan kirim email kosong kepada saya.
    Email yang saya dapat ini, saya buat daftar khusus. Pada beberapa minggu atau bulan sekali saya kirim lagi contoh CV yang baru. Mereka tentu senang dikirimi contoh CV secara gratis. Lakukan proses ini secara konsisten. Kirim tulisan menarik ke daftar email yang kita punya. Cantumkan juga tombol sharing supaya mereka mudah membaginya ke teman-teman mereka.
  • Jangan malu. Minta pembaca blogmu men-share tulisan kamu. “Jika kamu menyukai tulisan ini, silakan share tulisan ini ke teman-teman kamu”. Sederhana dan mudah dilakukan oleh orang lain. Sediakan juga tombol share yang mudah dicari.
memanfaatkan sosial media untuk karir
Memanfaatkan sosial media untuk menebar konten

9. Judul Tulisan

Judul tulisan adalah kalimat pertama yang akan dilihat oleh calon pembaca blog. Maka buatlah judul tulisan yang bagus dan menarik minat pembaca.

Saya biasa membuat judul yang sama dengan kalimat kunci. Itu membantu saya dan strategi SEO di blog saya.

Ada juga yang namanya blog title generator. Yaitu alat untuk membuat judul terbaik untuk artikel kita. Tautannya adalah berikut ini >> here.

Secara umum, judul artikel harus:

  • Menarik
  • Mengundang rasa ingin tahu
  • Judulnya nendang, dilebihkan boleh, namun jangan terlalu berlebihan seperti punya Tribunnews
  • Mengundang emosi: rasa ingin tahu, ketidakpastian, rasa kecewa, humor dsb.
  • Gunakan kata: 7 Tempat Paling Angker di Jogja, 7 Kegiatan Anti Mati Gaya di KRL, 9 Tempat Wisata di Kawasan Jakarta Pusat, dan lain-lain.
Tulis artikel yang bagus, buat storytelling-nya di sosial media. Ulangi terus seperti itu
Tulis artikel yang bagus, buat storytelling-nya di sosial media. Ulangi terus seperti itu

10. Jenis Konten

Konten yang dibuat harus lebih dari sekedar tulisan. Jika kita tidak mampu membuat pembaca merasa tergantung terhadap blog kamu, maka boleh dikatakan kita gagal.

Jadi, satukan semua tipe konten pada blog kita dan pelajarilah. Setiap tulisan tersebut harus saling berkaitan supaya pembaca juga merasa ini bukan blog abal-abal yang menulis semua hal. Blog kita harus fokus.

  • Infografis, ini adalah sebuah poster atau gambar yang memuat banyak informasi. Buat infografis secara sederhana namun banyak pesan di dalamnya.
  • Foto/gambar, selalu cantumkan gambar pada setiap tulisan yang kita buat.
  • Video, buat video dengan durasi 3-4 menit yang berisi tentang cerita kita.
  • Survey, kuis, poling, ajak pembaca blog kita untuk berpartisipasi pada blog kita
  • Giveaway, kalau ada waktu sesekali buatlah giveaway untuk para pembaca blog kita

Ada banyak tools yang tersedia untuk membuat semua ini. Canva, iMovie, Twitter, dan sebagainya adalah alat yang bisa gunakan.

Ada banyak apps gratis versi desktop maupun versi mobile
Ada banyak apps gratis versi desktop maupun versi mobile

11. Panjang Tulisan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tulisan yang lebih panjang lebih banyak dibaca dan di-share oleh pembaca dibanding tulisan yang pendek. Terlebih lagi untuk tulisan yang memiliki sisi edukasi. Bagaimana caranya menyajikan tulisan yang benar, ini langkahnya:

  • Buatlah sub-heading untuk poin-poin tulisan yang dianggap penting. Pembaca akan lebih mudah membacanya.
  • Gunakan banyak gambar dan foto untuk setiap beberapa paragraf. Hal ini supaya pembaca tidak terlalu lelah melihat tulisan. Bisa foto, video, atau quote.
  • Apabila artikelnya adalah sebuah pertanyaan atau polling, gunakan sedikit kalimat.

Semoga 11 poin di atas dapat membantu kamu dalam membuat blog yang keren dan sukses.

Leave a Reply